Jumat, 22 Februari 2013

Jersey Sepak Bola Termahal


  
Untuk urusan kontrak sponsor beberapa klub ini sudah mengikat kesepakatan dengan sejumlah perusahaan. Bahkan demi memasang logo di kostum klub, beberapa perusahaan rela mengeluarkan kocek dengan nominal fantastis. Dan berikut adalah 10 klub dengan pemasukan tertinggi dari kontrak sponsor:
  1. Manchester United Brand Manchester United mampu menarik sponsor besar datang dan deal dengan General Motors senilai 30 juta poundsterling pun mencatat rekor baru. Kesepakatan berdurasi 7 tahun itu akan membuat kostum United erganti sponsor dari AON menjadi Chevrolet mulai musim 2014-2015 mendatang.  

  1. Barcelona Dianggap sebagai salah satu tim terkuat sepanjang masa, Azulgrana mencatat kesepakatan komersial pertama mereka dalam sejarah klub. Qatar Foundation menggelontorkan dana tak kurang dari 25 juta poundsterling per musim untuk sponsor di jersey Lionel Messi dkk. Sebelumnya, Barca sudah mendobrak sejarah kostum tanpa sponsor dengan memasang logo Unicef di kostum mereka, namun kesepakatan itu tidaklah bernilai komersial.

  1. Bayern Munich Raksasa Bundesliga ini punya status sebagai salah satu klub dengan pendukung terbesar di Jerman. Makanya tak heran jika perusahaan telekomunikasi Deutche Telekom rela melepas uang sebesar 23,6 juta poundsterling per musimnya demi memasang logo T-Mobile di kostum Die Roten.

  1. Liverpool The Reds mendapat kucuran dana sekitar 20 juta poundsterling per musimnya dari kesepakatan mereka dengan salah satu bank ternama dunia, Standard Chartered. Kontrak yang merupakan kesepakatan sponsor terbesar dalam sejarah klub itu dimulai pada Juli 2010 selama empat tahun ke depan.

  1. Manchester City Banyak yang menyebut kesepakatan ini sebagai trik pemilik City, Sheikh Mansour untuk mengakali Financial Fair Play. Maskapai penerbangan Etihad Airways mengucurkan uangnya sebesar 20 juta poundsterling per musim demi mensponsori kostum The Citizens selama 10 musim ke depan. Dengan total kesepakatan hingga 400 juta poundsterling - terbesar di dunia olah raga, kandang City pun berganti nama menjadi Etihad Stadium.

  1. Sunderland Meski bukan tim papan atas di Liga Premier, The Black Cats secara mengejutkan masuk dalam daftar 10 besar. Itu karena kontrak 20 juta poundsterling per musim yang mereka sepakati dengan Tullow Oil yang merupakan perusahaan minyak terbesar di Afrika.
  1. Real Madrid Demi memasang logo di kostum Los Blancos, rumah judi online asal Australia Bwin rela merogoh kocek senilai 16,8 juta poundsterling per musimnya. Logo Bwin sudah terpasang di kostum Madrid sejak awal musim 2007-2008 dan kontrak saat ini akan berakhir tahun 2013 nanti.

  1. Chelsea Kontrak sponsor The Blues dengan perusahaan elektronik Korea Selatan, Samsung dilaporkan mencapai nilai 13,8 juta poundsterling per musim. Kesepakatan ini dimulai pada Juli 2005 dan merupakan kontrak sponsor terbesar untuk Chelsea serta kedua terbesar untuk Samsung setelah sponsor even Olimpiade. 

  1. AC Milan Rossoneri jadi satu-satunya klub asal Italia yang masuk daftar 10 besar. Kontrak sponsor mereka dengan perusahaan penerbangan asal Dubai, Timur Tengah, Emirates dikabarkan bernilai 10 juta poundsterling per musim. Kontrak berdurasi empat tahun itu sudah dimulai pada bulan Juni tahun lalu.

  1. Newcastle United dan Tottenham The Toon Army menjalin kesepakatan dengan Virgin Money, perusahaan bank dan keuangan asal Inggris. Dan dari kontrak sponsor tersebut mereka mampu meraup 10 juta poundsterling per musim dengan durasi selama dua tahun.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar